Tata Cara Tayamum Berserta Gambarnya

Posted on

Petramas.co.id – Tayamum bagi pakar bahasa merupakan menyengaja, sebaliknya bagi makna syara’ merupakan mengusapkan debu yang suci pada wajah serta kedua tangan selaku ubah dari wudhu, mandi ataupun basuhan anggota harus dengan syarat- syarat tertentu.

Bagi sebutan tayamum merupakan mengusapkan tanah ke muka serta kedua tangan hingga siku dengan sebagian ketentuan.

Bawah pencentusan hukum tayamum merupakan firman Allah SWT dalam surat (AL) Maidah ayat 6:

Maksudnya: Dan apabila kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari buang air atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air. Maka bertayamumlah dengan debu yang baik (bersih), usaplah mukamu dan tanganmu dengan debu itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmatnya bagimu, supaya kamu bersyukur. (Q.S. Al-Maidah 6)

Tata Metode Tayamum

Dalam penerapannya, tayamum mempunyai sebagian metode supaya kamu bisa melaksanakan tayamum dengan sempurna. Berikut merupakan tata metode tayamum.

  • Siapkan ataupun carilah tanah yang berdebu ataupun debu yang bersih
  • Menghadap ke kiblat, kemudian mengucapkan basmalah serta hasrat tayamum yang berbunyi, dengan lafal, Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta’ ala. Maksudnya,“ Saya bernazar tayamum supaya diperbolehkan salat sebab Allah.”
  • Sehabis itu, letakkan kedua telapak tangan ke wilayah yang berdebu dengan posisi jari- jari tangan yang dirapatkan.
  • Setelah itu, saat sebelum mengusapkan ke wajah, kalian wajib meniup debu yang terdapat di tanganmu supaya tidak sangat banyak. Sehabis itu baru kalian usapkan kedua telapak tangan ke segala wajah dengan sisa debu tersebut. Diusahakan buat meratakan debu ke segala wajah, serta lumayan dengan sekali memegang debu saja.
  • Berikutnya, kalian dapat membebaskan pernak- pernik yang terdapat di tanganmu. Sehabis seluruhnya lepas. Letakkan kembali kedua telapak tangan dengan jari yang direnggangkan buat memegang debu.
  • Kemudian, tempelkan telapak tangan kiri di atas punggung tangan kanan. Selanjutnya kalian dapat mengusapnya dari punggung tangan kanan sampai sikunya. Kemudian jangan kurang ingat pula usap sisi lain pada tangan kanan serta kembali buat menyatukan kedua telapak tangan yang didahului dengan mengusap jempol kanan. Sehabis itu dapat jalani pada bagian tangan kiri semacam pada tangan kanan.
  • Yang terakhir, pertemukan kedua telapak tangan serta usap sela- sela jari tangan kamu.
Baca Juga:  Tata Cara Wudhu Yang Benar Untuk Wanita

Rukun- Rukun Tayamum

Tayamum mempunyai 4 rukun yang wajib diiringi kala kita melaksanakan tayamum. Berikut merupakan tukun tayamum.

1. Membaca Niat

Pastinya tiap perihal yang mau kita jalani wajib berawal dari hasrat. Sama semacam bila kita mau beribadah ataupun melaksanakan persyaratan buat ibadah hingga pula wajib membaca hasrat. Hasrat ini dibaca dikala melaksanakan tayamum supaya tayamum dicoba dengan legal serta menemukan izin dari Allah buat beribadah.

2. Mengusap Wajah

Pakai kedua telapak tanganmu buat mengusapkan debu ke segala wajah. Pakai tangan kanan buat mengusap wajah di sisi kiri, kemudian tangan kiri digunakan buat mengusap wajah pada sisi kanan.

3. Mengusap Kedua Tangan Hingga Siku

Usap kedua tangan kamu memakai debu yang sudah melekat di telapak tangan kamu. Usapan ini sama semacam kala berwudu. Pakai tangan kiri buat mengusap tangan kanan hingga siku, serta pakai tangan kanan buat mengusap tangan kiri hingga siku.

4. Tertib

Jalani tayamum dengan tertib. Perhatikan rukun serta tata metode tayamum cocok urutan, tidak boleh terbalik serta terlampaui.

Ketentuan Buat Tayamum

Buat melaksanakan tayamum, kalian wajib penuhi syarat- syaratnya supaya tayamum bisa dikira legal selaku pengganti air wudu. Berikut merupakan ketentuan tayamum.

  1. Diperbolehkan melaksanakan tayamum bila betul- betul tidak terdapat air. Ketiadaan air ini wajib ditentukan serta wajib mengusahakannya hingga bisa. Bila telah mengusahakannya tetapi senantiasa tidak bisa, hingga boleh melaksanakan tayamum.
  2. Tayamum boleh dicoba untuk orang yang lagi sakit. Tetapi perihal ini wajib terdapat persyaratan pula dari dokter. Bila dengan memegang air bisa menyebabkan penyakitnya terus menjadi parah hingga boleh melaksanakan tayamum.
  3. Dikala kamu terletak di wilayah yang mempunyai temperatur air sangat dingin apalagi hingga mengeras, pastinya berwudu hendak sangat susah buat dicoba. Dengan demikian seorang diperbolehkan buat tayamum.
  4. Air yang tidak terjangkau. Maksudnya air yang diperlukan buat berwudu terdapat, tetapi terdapat resiko besar kala mau mengambil air tersebut. Misalnya risikonya berbentuk harta ataupun nyawa. Dengan demikian seorang diperbolehkan buat tayamum.
  5. Bila kamu mempunyai persediaan air yang sedikit hingga wudu boleh digantikan dengan tayamum. Misalnya air tersebut merupakan persediaan buat minum. Oleh sebab itu boleh mendahulukan buat keperluan minum daripada berwudu.
  6. Telah masuknya waktu salat. Kala waktu salat telah masuk apalagi mepet dengan waktu salat yang lain dan kalian kekurangan air hingga diperbolehkan buat melaksanakan tayamum.
  7. Kala lagi dalam ekspedisi yang susah buat menciptakan air, kalian bisa mengubah wudu dengan tayamum. Misalnya dikala lagi terletak di pesawat serta kereta.
  8. Tayamum diperbolehkan, tetapi pula wajib mencermati kebersihan debu serta tanah yang kita pakai. Jangan hingga terdapat najis pada debu serta tanah tersebut.
Baca Juga:  Etika buang air besar dan kecil

Sunnah Tayamum

Sunnah tayamum berbeda dengan rukun tayamum. Sunah tayamum boleh tidak dicoba kala melaksanakan tayamum. Tetapi perihal ini cuma anjuran saja supaya tayamum lebih sempurna. Berikut merupakan sunah tayamum.

1. Membaca Basmalah

Tiap melaksanakan aktivitas sebaiknya kita membaca basmalah supaya aktivitas yang kita jalani berjalan mudah. Dalam melaksanakan tayamum basmalah pula dapat dibacakan saat sebelum membaca hasrat tayamum. Tetapi bila tidak pula tidak apa- apa.

2. Mendahulukan Bagian Kanan daripada Kiri

Kala melaksanakan perihal yang suci semacam tayamum ini, disunahkan buat mendahulukan bagian kanan semacam tangan kanan. Sehabis itu baru disusul dengan mengusap bagian tangan kiri.

3. Menipiskan Debu

Debu yang digunakan buat tayamum tidak butuh sangat banyak. Tayamum berbeda dengan wudu yang memerlukan air yang banyak. Dalam melaksanakan tayamum disarankan buat menipiskan debu yang melekat di tangan saat sebelum mengusapkan pada bagian badan.

Hal- Hal yang Membatalkan Tayamum

Semacam halnya pada wudu, tayamum pula mempunyai pemicu yang bisa membatalkan tayamum. Berikut merupakan hal- hal yang bisa membatalkan tayamum.

1. Menciptakan Air

Tayamum hendak langsung batal bila kalian sudah menciptakan air saat sebelum melaksanakan salat. Suatu yang digantikan telah terdapat hingga penggantinya tidak hendak bermanfaat. Semacam halnya menciptakan air saat sebelum salat hingga kalian wajib berwudu.

Tetapi bila kalian menciptakan air sehabis berakhir salat, perihal tersebut tidak membatalkan tayamum ataupun juga salat. Salat serta tayamum senantiasa legal bila kalian menciptakan air sehabis salat. Oleh sebab itu tadinya sepatutnya membenarkan terlebih dulu apakah air betul- betul tidak terdapat.

2. Dapat Memakai Air

Air dapat jadi halangan beribadah bila seorang yang sakit tidak boleh terserang air dalam tahap penyembuhannya. Tetapi bila penyakitnya telah sembuh hingga tayamum dapat batal. Apalagi orang yang sakit tanpa terdapatnya larangan dengan air pula bisa membatalkan tayamum.

3. Murtad

Tayamum hendak batal bila kalian keluar dari Islam ataupun agamamu bukan Islam. Tayamum cuma diperbolehkan untuk umat Islam. Tidak hanya itu nyatanya mempunyai aturannya sendiri dalam beribadah.

4. Lenyap Ide Berpikir

Seorang yang kehabisan ide sehatnya hingga otomatis tayamumnya hendak batal. Orang- orang yang kehabisan ide sehat ini semacam, edan, pemabuk, serta tidak sadarkan diri sebab pingsan serta sebagainya.

5. Tidur

Tidur merupakan sesuatu kegiatan di mana sebagian guna anggota badan menyudahi beroperasi semacam kuping serta mata. Untuk orang yang telah melaksanakan tayamum kemudian tidur sehingga kuping serta mata secara bertepatan tidak berperan hingga tayamum dinyatakan batal. Tetapi tidak untuk orang yang mempunyai kecacatan raga yang mana salah satunya memanglah tidak berperan.

6. Buang Air Kecil

Dengan membuang air kecil hingga otomatis tayamum hendak batal. Perihal ini disebabkan hadas yang timbul sebab air kecil. Bila mau salat hingga bilas terlebih dahulu hadas di bagian badan supaya bisa salat dengan legal.

Baca Juga:  Pengertian agama secara umum

7. Buang Air Besar

Telah jelas bila kita menghasilkan air besar yang menimbulkan munculnya hadas hingga tayamum dinyatakan batal. Perihal ini sama saja semacam dikala membuang air kecil kala telah tayamum.

8. Kentut

Kentut merupakan suatu gas yang keluar lewat anus, perihal ini sama saja semacam buang air kecil serta buang air besar. Kala kalian telah tayamum kemudian kentut hingga tayamum dinyatakan batal. Begitu pula dikala salat hingga salatmu wajib batal pula.

9. Haid

Kala perempuan merambah masa tiba bulan ataupun haid dikala telah melaksanakan tayamum hingga tayamum dinyatakan batal. Perihal ini sama semacam buang air kecil, buang air besar, serta pula kentut. Seluruh perihal yang memunculkan timbulnya hadas di bagian badan hingga aktivitas dalam beribadah hendak batal. Hadas wajib dibersihkan terlebih dulu saat sebelum beribadah.

Gambar Cara Melaksanakan Tayamum

Kesimpulan

  • Tayamum ialah metode bersuci umat Islam selaku pengganti wudu dalam mensterilkan hadas kecil serta hadas besar, tayamum ini umumnya dicoba kala mau salat tetapi tidak terdapat air. Secara sebutan tayamum maksudnya mengusap wajah serta tangan memakai debu yang bersih. Tayamum ini pula telah dipaparkan dalam Angkatan laut(AL) Quran pada firman Allah di QS Angkatan laut(AL) Maidah ayat 6.
  • Tayamum mempunyai tata metode tertentu buat membuat badan jadi suci dari hadas besar serta hadas kecil. Triknya mirip semacam wudu, tetapi cuma mengusap bagian wajah serta tangan saja. Tayamum pula cuma memakai debu serta tanah berdebu yang bersih. Sehabis melaksanakan tayamum pula terdapat doanya tertentu. Kamu disarankan buat membaca doa bersuci sehabis tayamum.
  • Dalam praktiknya, tayamum mempunyai syarat- syarat tertentu yang wajib ditentukan saat sebelum melaksanakannya. Kamu wajib membenarkan kalau wilayah kamu betul- betul tidak terdapat air serta bila terdapat yakinkan dalam mendapatkannya itu sangat susah. Untuk kamu yang sakit serta tidak dapat terserang air pula diperbolehkan buat tayamum. Dalam ekspedisi jauh juga kamu pula boleh bertayamum. Perihal yang sangat berarti merupakan debu buat bertayamum wajib bersih dari najis.
  • Tayamum mempunyai rukun serta sunahnya. Rukun dalam tayamum semacam membaca hasrat, mengusap wajah, mengusap tangan hingga siku, serta melaksanakannya dengan tertib. Kemudian sunah tayamum semacam, membaca basmalah, mendahulukan bagian kanan daripada kiri, serta pula menipiskan debu.
  • Terdapat perihal yang wajib dicermati sehabis tayamum, ialah perihal yang bisa membatalkan tayamum. Perihal tersebut meliputi, menciptakan air, dapat memakai air, murtad, lenyap ide dalam berpikir, tidur, buang air kecil, buang air besar, kentut, serta pula haid.