mencari pekerjaan tambahan untuk karyawan

Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

Posted on

Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan atau yang biasa disebut pekerjaan sampingan yang saya maksudkan disini adalah penghasilan yang bersumber dari satu atau beberapa pekerjaan lain selain pekerjaan utama yang kalian miliki.

Apa itu Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

Penghasilan tambahan ini dapat membantu kalian ketika kalian tidak dapat mengandalkan penghasilan utama, memiliki penghasilan tambahan membuat kalian siap akan kemungkinan terburuk.

Seperti yang terjadi saat ini banyak prusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan merumahkan beberapa karyawan atau Work From Home (WFH).

Pekerjaan sampingan ini dapat berupa usaha yang kalian lakukan secara individu maupun bersama beberapa rekan.

Tips Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

Beberapa tips yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengorbankan pekerjaan utama:

Artikel Menarik : Cara Jadi Agen Higgs Domino Resmi

Harus siap lelah untuk Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

Kalian harus menyiapkan kondisi fisik yang baik agar tidak terlalu kelelahan dan kalian juga harus merelakan jam tidur dimana pekerjaan tambahan cukup menguras energi karena kalian akan melakukan pekerjaan yang berkali lipat dari pekerjaan utama kalian dan memakan waktu istirahat kalian dirumah.

Komitmen dan Konsisten juga diperlukan dan wajib kalian pegang teguh dengan harapan hidup yang lebih makmur dan sejahtera.

Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan 1

Dilakukan diluar jam kerja

Sebagai karyawan pasti kalian memiliki tanggung jawab pada pekerjaan utama kalian dan terikat jam kerja, agar kalian tetap fokus melaksanakan tanggung jawab pekerjaan utama kalian usahakan kalian mencari penghasilan tambahan untuk karyawan diluar jam kerja dan tidak mengganggu waktu kerja kalian.

Manfaatkan Internet dan Sosial Media

Saat ini di internet dan sosial media kalian bisa mendapatkan banyak peluang yang menghasilkan uang namun kalian harus teliti dan berhati-hati karena banyak juga penipuan yang terjadi.

Kalian harus lebih kreatif dalam menggunakan internet dan sosial media, banyak sekali program baru yang diluncurkan beberapa perusahaan dengan menjalin kerja sama dengan influencer atau content creator, mungkin kalian bisa menjadi rekan dari salah satu perusahaan tersebut.

Berbisnis dengan beberapa rekan

Karena kalian bekerja kalian tidak bisa sepenuhnya mengurusi bisnis yang sedang kalian jalani, kalian dapat mencari orang yang bisa kalian percaya untuk membantu pekerjaan kalian baik itu saudara, teman maupun orang lain yang juga dapat diajak bekerja sama membangun usaha kalian.

Mencari Passive Income

Ada banyak hal yang dapat menghasilkan Passive Income, kalian dapat memilih salah satu yang dapat kalian kerjakan sesuai kapasitas kalian. Kalian dapat mencari informasi dari berbagai sumber baik di internet maupun di sosial media.

Bagaimana cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, saya akan memberikan beberapa cara yang saya rekomendasikan untuk kalian saat ini :

Afiliasi marketing

Saat ini program afiliasi sudah menjadi strategi marketing yang digunakan beberapa perusahaan di Indonesia dengan membagikan kode dan referral link kepada penggunanya agar mereka menginstal, membeli produk, dan menggunakan kode yang dibagikan.

Contoh afiliasi marketing di Indonesia dilakukan oleh e-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, BukaLapak, dan Blibli yang menawarkan komisi hingga 10 persen.

Dropshipper

Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan 2

Dengan sistem ini kalian tidak perlu menyediakan stok barang dagangan untuk menawarkannya yang berarti tidak ada potensi kerugian karena barang tidak laku.

Keuntungan yang kalian dapatkan dari selisih harga yang ditawarkan produsen atau distributor dengan yang kalian tawarkan kepada konsumen karena sebagai dropshipper kalian mendapatkan harga khusus yang lebih murah dari harga yang ditawarkan.

Menjual Pulsa Elektrik

Mencari Penghasilan Tambahan untuk Karyawan 3

Pulsa elektrik saat ini sudah menjadi kebutuhan siapapun bahkan seluruh penduduk Indonesia menggunakan ponsel. Kebutuhan akan pulsa jelas meningkat dikarenakan banyaknya pengguna ponsel.

Anda bisa memulai usaha ini dengan mulai menawarkan kepada keluarga, teman kantor, tetangga, dan lainnya.

Sosial Media Influencer

Sosial media menjadi lahan terbaik untuk kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi influencer, untuk itu jika kalian berminat untuk menjalani usaha sampingan ini kalian harus kreatif dalam membuat konten yang menarik di sosial media dan tingkatkan performa dengan followers-followers kalian.

Menulis Blog dan Mengembangkannya

sosial media

Jika kalian memiliki keterampilan menulis cara ini dapat kalian gunakan untuk menambah penghasilan, untuk modalnya kalian perlu membeli domain dan hosting.

Selain kemampuan menulis kalian harus menginvestasikan waktu kalian untuk mempublikasikan dan mempromosikan tulisan kalian secara rutin. Kalian juga bisa memanfaatkan Google Adsense dan memperoleh pendapatan dari iklan-iklan di blog.

Les Privat

Saat ini les privat dapat menjadi pilihan kalian bagi kalian yang memiliki keterampilan dan berhitung, bahasa, maupun musik untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk modalnya sendiri, kalian hanya membutuhkan biaya transportasi untuk mendatangi kediaman murid.

Membuka Toko Online

Di era digital seperti sekarang ini membuka toko online memiliki prospek yang sangat baik untuk menambah penghasilan, dimana banyak orang lebih tertarik belanja online daripada mereka harus keluar rumah.

Untuk produknya sendiri kalian dapat menjual berbagai macam produk yang konsumen butuhkan seperti pakaian, obat, masker dan lainnya

Akhir kata

Bagaimana setelah kalian simak, cukup mudah bukan untuk kalian ikuti, penjelasan tips dan beberapa cara mencari penghasilan tambahan untuk karyawan yang saya rekomendasikan dan wajib kalian ketahui dimasa pandemi ini, semoga membantu dan selamat mencoba.

Baca Juga:  Zombie Tsunami