Macam Macam Thaharah
Macam Macam Thaharah

Macam Macam Thaharah

Posted on

macam macam thaharah – Thaharah ini masuk dalam kajian bab ilmu fiqh yang mengatur tentang hukum tata cara bersuci umat islam baik laki-laki atau pun perempuan, sehingga setelah melaksanakan tata cara bersuci dengan baik dan benar sesuai yang di perintahkan dalam agama islam,

seseorang di harapkan dapat melaksanakan ibadah. misalkan anda memiliki pertanya begini : jelaskan pengertian thaharah hadas dan najis serta macam macamnya?

Baik kali ini kita akan membahas tentang thaharah Apa yg dimaksud dgn toharoh? Apa macam macam thaharah? bagaimana cara bersuci?

Pengertian Thaharah

Thaharah adalah yang berarti bersuci baik secara lahir maupun batin seseorang. islam menuntut seseorang untuk membersihkan diri baik secara lahiriah yaitu anggota tubuh dari berbagai najis atau hadats, dan juga membersihkan batiniah dari hal-hal yang merusak hati,

Seperti iri, dengki dan lain sebagainya. sedangkan wudhu di sebut juga sebagai bersuci, di karenakan dapat membersihkan diri seseorang yang sebelumnya di anggap tidak suci atau sedang berhadats.

Hukum dari thoharoh itu sendiri adalah wajib. Dikarenakan thoharoh merupakan syarat sahnya shalat, dan para jumhur ulama telah bersepakat untuk hal ini. sedangkan untuk wudhu pada setiap hendak melaksanakan ibadah shalat merupakan hal yang di wajibkan bagi setiap umat islam.

Tentunya dengan tata cara berwudhu yang baik dan di benarkan oleh agama islam. dalam hal ini tidak ada perbedaan antara shalat fardhu dengan shalat sunah-sunah yang lain, dan juga untuk shalat jenazah termasuk di dalamnya.

Baca Juga:  10 macam macam najis

Thoharoh ini adalah bagian hal terpenting dalam islam, sehingga bersuci ini menjadi sebagian dari setengahnya. setengah disini dimaksudkan adalah kelipatan pahala seseorang yang didalamnya berakhir dengan hitungan setengah dari nilai pahala iman.

Macam Macam Thaharah

Pembagian Thaharah (Macam Macam Thaharah)

  1. Thaharah Ma’nawiyah artinya membersihkan Hati dari segala macam yang merusak hati, seperti marah, dengki, iri, tiya dan ujub, Hal ini Bisa dibersihkan degan cara berzikir, karena tidak ada jalan lain untuk membersihkan hati kecuali memperbanyak zikir baik itu zikir Zahar atau Zikir Qhofi
  2. Thaharah Hissiyah artinya membersihkan anggota tubuh dari hadast dan najis, seperti mandi wajib, mandi setelah Haid, dan mandi setelah Nifas, Hal ini di maksudkan agar jasmani kita bersih dari kotoran baik itu hadas kecil maupun hadas besar

Thaharah Hissiyah di lakukan dengan dua cara yaitu :

  1. Menggunakan air
  2. Dengan menggunakan tanah /debu yang suci

Macam-macam air dalam thaharah

Macam Macam Thaharah

Air Mutlak ( Macam Macam Thaharah)

Air Mutlak yaitu air yang suci dan mensucikan artinya air yang murni dan belum tercampuri oleh najis. contohnya : air laut, air hujan,air zamzam, salju dan embun, air yang berubah karena tidak mengalir seperti air yang tercampur sesuatu di dalamnya tetapi tidak dapat di pisahkan yaitu lumut.

Tanah / debu yang suci.

Tanah / debu yang suci. biasanya debu sering terdapat pada dinding, permukaan tanah atau pasir dan juga batu. bersuci dengan debu yang suci sering juga di sebut dengan Tayamum. dalam hal ini seseorang di perbolehkan bersuci dengan menggunakan debu yang suci atau Tayamum dengan berbagai alasan,

Semisal seseorang sedang dalam perjalanan dan selama perjalanan itu ia tidak menemukan air, maka seseorang tersebut di perbolehkan untuk bersuci dengan menggunakan debu/tanah yang suci ( Tayamum ), atau seseorang itu sedang dalam keadaan sakit yang jika terkena air akan menambah parah sakitnya.

Baca Juga:  Filter IG Tanduk Ungu

Bersuci dengan tanah/debu yang suci atau Tayamum juga bisa digunakan seseorang sebagai ganti mandi junub dengan alasan mengkhawatirkan kondisi tubuh jika terkena air dingin akan menimbulkan suhu tubuh menjadi demam.

Air yang tercampur sesuatu yang sifatnya bersih contohnya yaitu sabun, minyak, dll, di karenakan secara zat dapat terpisah dari air, maka hukum air ini yaitu suci dan dapat digunakan untuk bersuci.

Air musta’mal

air musta’mal adalah air yang sudah terpakai dari anggota tubuh seseorang yang berwudhu. Dan air ini di hukumi sebagai air yang suci. air yang mencapai dua kullah juga bisa digunakan untuk melakukan ritual bersuci dari hadas besar maupun hadas kecil

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan tentang thoharoh ( bersuci ) atau Macam Macam Thaharah beserta alat yang di gunakan dalam bersuci (thoharoh). dapat kita simpulkan bahwa bersuci adalah wajib hukumnya bagi seorang muslim/muslimah ketika ia hendak melaksanakan ibadah.

Dan bersuci (thoharoh) merupakan bagian dari syarat sahnya ibadah khususnya ibadah shalat, baik fardhu maupun sunah dan lain sebagainya. semoga kita semua dalam lindungan dan pertolongan ALLAH swt.

sehingga dapat menjalankan apa yang sudah syari’atkan dalam islam. serta mewujudkan dalam kepatuhan secara lahir maupun batin. Dan menjadi muslim/muslimah yang beriman. Wallahu A’lam. Jangan lapa baca juga artikel kami tentang Minimal Kirim Uang Lewat Alfamart